» » CERPEN DAN PUISI KARYA SISWA-SISWI KELAS VI SDN 2 BUNGA MAWAR

Puisi dan cerpen
Hasil Karya siswa-siswi Kelas VI  SDN 2 Bunga Mawar
tahun pelajaran 2014-2015

Karya : Normalasari
Berdo’a membawa kita ke pintu kesuksesan

            Saat aku dilahirkan ke dunia ini aku tinggal di rumah yang sederhana hidup dengan apa adanya. Ayahku hanya seorang petani dan begitu juga ibuku ia hanya menjadi seorang petani dan ibu rumah tangga tidak terlalu cukup menafkahi aku, adikku dan kakakku tetapi aku tetap bangga kepada kedua orangtuaku. Mereka telah merawatku dan membesarkanku dengan ikhlas, tulus, sabar dan memberikan kasih sayang yang berlimpah kepadaku dan para saudaraku.mereka juga selalu mendoakanku agar aku menjadi orang yang sukses di masa depan nanti.
 Cita – citaku menjadi seorang dokter. Aku adalah anak kedua dari tiga bersaudara. Aku tinggal di pedesaan, bersekolah di SDN 2 Bunga Mawar. Di sekolah aku banya mendapatkan teman dan guru. Guru di sana mengajarkan muridnya dengan sabar, ikhlas dan tulus. Guru adalah pahlawan tanpa tanda jasa, aku sangat berterima kasih kepada guru – guru di sana.karena mereka aku bisa jadi juara kelas dan bisa mengikuti perlombaan yang diadakan di tingkat kecamatan dan tingkat kabupaten.  Saat aku mengikuti lomba di tingkat kecamatan aku gagal, Alhamdulillah saat mengikuti lomba di tingkat kabupaten dan kedua temanku menjadi juara pertama. Di sana banyak sekali anak – anak sekolah tingkat SD, SMP dan SMA  yang mengikuti perlombaan. Lomba itu diadakan saat peringatan hari pahlawan. Pertanyaan yang diajukan juga tentang sejarah di sana kami bertiga banyak sekali mendapatkan pengalaman,
Aku dan dua temanku bernama Noviani dan Badarudin. Noviani itu sangat pandai sekali, pada pelajaran  matematika dia selalu mendapatkan nilai paling tinggi di kelas, dan Badarudin sangat pandai pelajaran IPS atau tentang sejarah. Ketika perlombaan saja dia yang paling banyak menjawab pertanyaan yang diberikan pada regu kami. Kalau aku lebih suka pelajaran IPA  karena lebih tahu tentang alam di sekitar kita. Tetapi aku kurang pandai juga sebenarnya tentang pelajaran IPA. Saat aku mengikuti Olimpiade MIPA  saja aku kalah baru sampai babak kedua. Seandainya aku menang saat itu aku bisa sampai ke luar negeri tapi sungguh disayangkan aku kalah. Tetapi aku tidak putus asa terus berdoa supaya selalu menjadi juara kelas ataupun perlombaan.
Karya : Noviani
Jatuh dari sepeda

Pada hari senin, tahun 2014 aku dan teman – temanku ingin pergi menjenguk teman kami yang sedang sakit. Dia sudah beberapa hari tidak masuk sekolah, teman kami yang sakit itu bernama Badarudin, dia tinggal di Barasak Besar. Kami pergi kesana menggunakan sepeda, sebelum kami pergi kesana, kami mampir dulu di warung untuk membeli gula untukdiberikan kepada teman kami yang sedang sakit. Uang yang kami gunakan untuk membeli gula kami peroleh dari hasil sumbangan kami, setelah itu baru kami pergi kesana. Rumah teman kami tidak terlalu jauh dari sekolah. Sesampainya disana kami langsung memberikan yang telah kami beli tadi kepada ibu Badar dan ibu Badar memberikan kami sepotong es. Tidak lama kemudian kami pulang. Tetapi, kami pulangnya tidak kerumah melainkan ke sekolah. Waktu itu aku dan Mala berboncengan menggunakan sepeda Mala.
Diperjalanan pulang didekat rumah Rama tiba – tiba sepedaku terasa ringan dan sepedaku melaju dengan kencang, aku merasa ada yang mendorong dari belakang, padahal tidak ada orng yang mendorong. Di depan rumah Rama aku dan Mala terjatuh dari sepeda, gigiku patah, bibirku berdarah, lidahku luka, kaki kananku luka, tangan kiriku sakit dan baju temanku Mala bahunya sobek. Setelah itu kami kembali melanjutkan perjalanan ke sekolah. Saat itu kepalaku terasa sangat pusing dan kami kembali terjatuh dan terjatuh lagi sepeda. Dan akhirnya aku tidak jadi pulang ke sekolah tetapi pulang ke rumah. Sesampainya di rumah  aku langsung masuk ke kamar dan berbaring. Tidak lama kemudian ibuku datang dari sawah dan aku memberitahukan kepada ibuku bahwa aku terjatuh dari sepeda. Dan ibuku mengantarkanku pergi berurut, kata tukan urut tanganku patah. Dan selama beberapa hari aku tidak masuk sekolah kira – kira tujuh hari.


Karya : Syahrudin
Kegiatan Pesantren Ramadhan di Al – Falah

            Pada tanggal 7 – 10 juli 2014 sekolah kami mengadakan Pesantren Ramdhan IPPAKP dari Banjarbaru, saya sangat senang karena saya dan teman – teman bisa berkenalan dengan kakak – kakak dari Pesantren Al- Falah. Saya sangat berterima kasih kepada ketua pelaksanan IPPAKP dan kepala sekolah karena sudah mengadakan kegiatan pesantren ramdhan ini. Kami sangat bersemangat pergi ke sekolah untuk mnegikuti kegiatan pesantren ramadhan tersebut.
            Dalam pesantren ramadhan ini saya dan teman – teman mengikuti berbagaikegiatan seperti : shalat duha, membaca ayat suci Al – quran, lomba membaca surah dan menggambar kaligrafi. Tetapi bukan hanya itu kami jug belajar medalami syarat – syaratpuasa ramadhan. Saya senang bisa berkumpul bersama teman – teman dalam kegiatan pesantren ramadhan ini, kami berniat untuk menggali ilmu agama islam.
            Saya sangat senang karena saya memperoleh juara pertama lomba kaligrafi dan kami semua mendapatkan ilmu agama dalam kegiatan ini. Selain itu kami juga berfoto bersama, banya sekali foto sya bersama teman – teman. Dalam kegitan ini kami belajar sambil bermain, pada hari itu sangat seru karena banyak sekali kakak seperti kak Paris, kak Mursidi dan lain – lain. Semoga pesantren ramdhan ini diadakan lagi di sekolah kami, karena kami sangat senang apabila diadakan pesantren seperti tahun lalu, karena kegitan tersebut sangat seru dan berguna untuk kami.

Karya : Rahmad Ramadhan
Kegiatan Pesantren Ramadhan

            Pada bulan tanggal 7 – 10 juli 2014, kami mengadakan kegiatan pesantren ramadhan di sekolah kami, yaitu SDN 2 Bunga Mawar. Guru – guru mengadakan kegiatan pesantren ramadhan ini untuk meningkatkan akhalak di bidang keagamaan agar kami senantiasa bersukur kepada Allah SWT.
            Saya dan teman – teman sangat antusias dengan kegiata yang diadakan guru – guru. Kami melaksanakan pesantren ramadhan selama empt hari. Hari pertama kami mengadakan ceramah agama yang disampaikan oleh kak Paris. Kak Pars menyampaikan ceramah tentang mimpi basah. Hari kedua kami melakukan sholat duha dan menghafal surah – surah. Pada pagi hari kami mengerjakan sholat duha murid – murid wajib mengkuti sholat duha yang dipimpin guru kami bernama pak Khair.  Setelah sholat duha kami kami disuruh maju ke depan untuk menghafal surah, ketika saya disuruh maju ke depan saya menghafal surah At – Tin, saking gugupnya ketika saya membaca surah itu suara saya sampai tersendat – sendat. Akibatnya saya tidak memperoleh juara pertama dan jura pertama diperoleh teman saya Syahrudin.
            Hari ketiga kami mengadakan kaligrafi, saya dan teman – teman sangat antusias dengan adanya lomba kaligrafi ini, dengan adanya lomba tersebut saya dan teman – teman bisa menyalurkan bakat kami dalam menulis kaligrafi.  Namun saya tidak mendapatkan juara, mungkin bakat saya tidak dalam menulis kaligrafi.         Hari keempat yaitu pemilihan murid teladan, yang mendapatkannya adalah saya sendiri. Saya merasa sangat senang dan bangga karena mendapatkan murid teladan.

Karya : Badarudin
Mengikuti Pertandingan Sepak Bola Mini dan Lomba Cerdas Cermat

            Pada tanggal 17 agustus 2014 lalu aku dan tujuh temanku mewakili sekolah kami dalam lomba sepak bola mini sekecamatan Pulau Petak . Lomba ini diadakan di Sei Tatas, lawan pertama kami adalah SDN 2 Teluk Palinget dengan rasa percaya diri aku dan teman – temanku memasuki lapangan.
            Pertandingan baru berjalan tiga menit, tim kami sudah tertinggal 1 – 0, meskipun tim kami tertinggal, aku dn teman – teman tetap bersemangat. Akhirnya pada menit ke enam aku berhasil menyamakan kedudukan menjadi 1- 1. Pertandingan semakin keras tetapi kami masih bisa bertahan.
            Barulah pada waktu – waktu terakhir, kemenangan kami dipastikan melalui gol dari Rama dan mengubah kedudukan menjai 1- 2untuk keunggulan kami. Hingga waktu berakhir tidak ada lagi gol tambahan. Tim kamipun menang dengan skor akhir 2-1. Diharikeduakami harus berhadapan dengan tim tangguh asal Palinget.
            Pertandingan baru berjalan tiga menit, tim kami sudah keboolan 2 gol. Perlahan – lahan semangat kamipun menurun hingga  kembali tercapainya 2 gol tambahan. Tim kami tertiggal
4 - 0, hingga waktuberakhir tim kami gagal menciptakan satu gol pun.    
            Setelah istirahat minum tiga menit tim kami kembali bertanding, pada pertandingan ini aku tidak bisa bermain karena cidera posisiku digantikan Mahdani, kali ini lawan kami adalah tim asal Melati. Pada pertandingn ini Rama menjadi pahlawan tim kami. Dengan mencetak satu –  satunya gol dalam pertandingan ini dan membawa tim kami menjadi juara tiga pada ajang tersebut.
            Pada tanggal 20 agustus 2014 lalu, aku bersama kedua temanku berkesempatan mewakili SDN 2 Bunga Mawar dalam lomba cerdas di tingkat SD / MI, lomba tersebut diadakan di Kodim 1011 Kuala Kapuas. Pada babak penyisihan tim kami lolos dengan memperoleh nilai 600. Di hari kedua sekolah yang kami hadapi lebih tangguh pada hari pertama. Namun aku dan teman – teman masih bisa mencuri nilai 400 dan lolos perempat final.diperempt final kami lolos dengan memperoleh nilai 500 dan dipastikan lolos ke final.
            Aku dan teman – teman semakin bersemangat setelahguru – guru kami banyak yang hadir. Di final kami banyak mengumpulkn nilai 170. Nilaiyang kami peroleh sama dengan sekolah lain, terpaksa diadakan pertanyaan tambahan, hinggaakhirnya sekolah laianmenjawab pertanyaan namun dengan jawaban yang salah. Kami keluar dengan juara pertama  dalam ajang tersebut. Aku bangga bisa mengharumkan nama SDN 2 Bunga Mawar
Karya : Ahmad Hidayat
Pengalaman Bermain Bola Mini

            Pada sutu hari saya dan teman teman sedang bermain bola di lapangan sekolah, kami sering bermain di situ. Pada saaat itu secara tidak sengaja teman saya menendang bola ke tengah jalan raya dan terjadi kecelakaan. Kamipun segera membantuorang itu dan teman saya segera meminta maaf kepada pegendara motor tersebut. Bapak tersebut tidak marah dan menyuruh agar lain kali kami berhati – hati kalau bermain. Kami pun melanjutkan bermain bola.Bapak guru melihat sah satu teman saya hebat bermain bola, pak guru langsung menawarkan untuk bermain bola di Sei Tatas, saya an teman – teman setuju. Lonceng sudah berunyi kami segera pulang.
            Sesampainya di rumah saya segera mandi dan mencuci baju olahraga, setelah itu langsung saja pergi kerumah Badarudin mengajaknya berlatih bermain bola agar handal dan tidak mengalami cidera. Namun ada seorang teman saya mengalami cidera untung saja tidak apa – apa, dan kami tetap melanjutkan permainanvhingga sore hari lalu pulang ke rumah.
            Keesokan harinya saya pergi ke sekolah namun terlebih dahulu saya menjemput IPIT dan segera pergi ke sekolah agar tidak terlamabat. Sesampainya di sekolah kami diajak bapak agar segera pergi mengikuti pertandingan. Saya kagum melihat lapangan sepak bola tersebut sangat menakjubkan. Peluit permainan di tiup, babak pertama kami menang namun hingga akhir permainan kami kalah sepertinya keberuntungan tidak berpihak pada kami. Bapak guru merasa kecewa tetapi kami semua harus tetap semangat.
            Akhirnya kami mendapatkan posisi juara ketiga pertandingan bola mini di Sei Tatas dan hadiahnya sepasang baju bolauntuk masing – masing pemain. Kami merasa cukup senang meski mendapatkan juara ketiga, tetapi kami tidak putus asa untuk jadi pemenang.

Karya : Muhamad Safitri
Senangnya Memancing

Pada suatu hari saya berminat ingin pergi memancing ke suatu tempat, tetapi saya harus mencari umpan dan alat pancing, terutama saya mencari umpan anak serangga, sayapun pergi mencari sarang serangga ke pepohonan. Ada di suatu tempat saya melihat sarang serangga, saya ambil bambu dan bakul saya ikat lalu saya arahkan ke sarang serangga itu sampai banyak masuk bakul. Setelah itu saya menyiapkan alat pancing sepeti pancingan, nilon, kawat pancing. Kwat dan nilon saya beli di warungdan pancingan saya cari di hutan setelah dari hutan saya mandi lalu makan dan tidur.
Setelah bangun tidur saya mandi dan makan lalu pegi memancing ke pal 1. Saya ulurkan kawat dan ada ikan papuyu yang mendekat dan saya mendapatkan satu, selama memancing saya mendapatkan ikan lumayan banyak setelah itu saya pulang.
Setelah sampai saya istirahat dan makan. Saat bangun besok hari saya mandi dan  sarapan, kebetulan hari itu hri minggu saya nonton tv, tidak lama kemudian Dayat dan Rama datang mereka mengajak saya memancing lagi tetapi bukan ikan  papuyu tetapi ikan lundu, saya menerima tawaran mereka. Lalu kami pergike sungai di sana airnya sangat jernih tapi rasanya asam dan banyak sampah. Memang sungai kami ini sudah tercemar, sudah lupakanlah.
Saya langsung memancing ikan ludu dengan umpan cacing tanah, ikan lundu langsung mendekat dan terkena pancingan tidak lama Dayat dan Rama juga mendapat ikan lundu itu. Tetapi saat memgang ikan lundu harus hati –hati karena memiliki duri, dan tidak sengaja tangan ku terkena duri ikan lundu, rasanya sakit sekali.

Karya : Mawaddah
Terjepit Sepeda

Pada hari minggu tanggal 15 juli 2015 saya dan bapak pergi ke sawah. Bapak saya membonceng saya kami ke sawah untuk memanen padi. Padi di sawah kami mulai menguning seperti hamparan emas yang membentang. Ketika saya dan bapak saya ingin ke sawah, kami melewati rumah nenek saya. Tidak jauh dari rumah nenek,  saya terjepit sepeda. Bapak membawa sayang pulan ke rumah.
Sesampainya di rumah, ketika saya mau turun dari sepeda ternyata kaki saya tidak bisa menahan menahan badan saya. Sayapun langsung  merasa kesakitan, bapak langsung menggendong saya. Satu minggu saya tidak masuk sekolah, tetapi dalam satu minggu itu ibu dan adik saya tidak ada di rumah karena pergi ke rumah keluarga. Di rumah hanya ada saya, bapak dan kakak. Dalam stu minggu itu kakak tetapke sekolah dan bapak menjaga saya. Pada hari kamis bapak ingin pergi ke sawah karena pekerjaan di sawah banyak, karena tidak ada teman di rumah saya ikut bapak ke sawah. Ketika kaki saya ingin menginjak ke tanah ternyata kaki saya masih merasa sakit. Sayapun digendong bapak untukmenuju sawah yang berlumpur
Satu minggu saya tidak masuk sekolah, setiap hari saya belajar di rumah saja karena tidak bisa sekolah. Hari senin tanggal 22 juli 2012 saya masuk sekolah, di sekolah saya bisa berteman dengan teman- teman, belajar,saya sangat rindu dengan guru – guru dan teman – teman. Ketika pulang sekolah ternyata ibu dan adik saya juga pulang ke rumah.       

KUMPULAN PUISI HASIL KARYA SISWA KELAS VI TAHUN 2015
Kupu – Kupu
Karya : Nor Mala Sari
Ku lihat kupu – kupu terbang dengan sayap yang indah
Mereka melihat seluruh alam terbuka
Tak pernah lelah pagi dan petang
Lelah sayap tak terganggu
Jika aku seperti kupu – kupu
Kan kukepakkan sayapku yang indah
Aku kan terbang bersama kupu – kupu
Tuk melihat dunia ini



Pahlawan
Karya : Syahrudin
Kau maju di medan perang
Sebab kau adanya kemerdekaan
Kau lepaskan penderitaan rakyat
Engkau ingin mengakhiri masa penjajahan
Supaya tidak adalagi penderitaan
Kau lakukan perlawanan dan pengorbanan
Semoga Allah balas jasamu
Wahai pahlawan
Kau pertahankan bneteng pertahanan    
Engkau lakukan sampai titik penghabisan


Para Pahlawa ku
Karya : Badarudin

Wahai pahlawanku
Kan kukenang seluruh jasamu
Seluruh mata melihat akan perjuanganmu
Kau bela kemerdekaan
Kau rela korbankan nyawamu
Demi negeri tercinta Indonesia
Jasamu abadi di hati kami
Berkat pengorbannmu
Rakyat dan Negara kita semakin maju
Kokoh kuat dan bersatu
Melajutkan cita – cita luhurmu


Guru
Karya : Rahmad Ramadhan
Guru
Kau adalah pahlawan tanpa tand jasa
Saat aku tak mengerti
Kamu pasti mengajariku
Bila aku nakal kamu pasti sedih
Terimaksih guru
Tanpamu aku tak seperti ini

Bumiku
Karya : Ahmad Hidayat

Wahai bumiku
Maafknlah manusia ini
Yang tidak bisa menjaga keutuhanmu
Kasihankau
Padahal cukup banyak kenikmatan
Yangkau berikan pada manusia
Tetapi mereka sia - siakan itu semua
Dan mereka tidak mensyukuri
Apa yang telah kau berikan
Tak perdulikan
Sehingga mengakibatkan bencana
Pohon – pohon mulai habis
Udara – udara mulai tercemar
Itu semua ulah manusia


Air
Karya : Mawaddah
Air sungguh kasihan engkau
Dahulunya air sangat jernih
Tetapi air sangatlah kotor
Sampah berserakan
Air kau sungguh banyak mengeluarkan air
Untuk manusia seperti air untuk minum
Aku sugguh berterimakasih kepadamu air


Guru
Karya : Muhamad Safitri
Pahlawan
Adalah seorang yang memerdekakan negaranya
Ia seorang pejuang
Yang tak pernah menyerah
Walaupun nyawa menjadi taruhan
Ia tidak mengharapkan imbalan
Pahlawan
Ia hanya ingin melihat
Orang banyak bahagia
Pahlawan, itulah sebutan namanya


Guru
Karya :Noviani
Guru
Setiap hari kau bombing aku di sekolah
Kau mengajariku
Dengan ikhlas, tulus, sabar
Dan tanpa mengaharapkan
Imbalan apapun
Oh guru hatimu sungguh mulia
Kau beri aku ilmu
Supaya aku menjadi orang yang sukses
Di masa depan nanti
Guru maafkan aku
Jika aku nakal
Tidak menuruti perintahmu
Mengecewakan dan membuatmu sedih
Aku minta maaf
Guru
Kau memang patriot
Pahlawan bangsa
Tanpa tanda jasa
Terimakasih ku ucapkan

Padamu guru  

About Unknown

Hi there! I am Hung Duy and I am a true enthusiast in the areas of SEO and web design. In my personal life I spend time on photography, mountain climbing, snorkeling and dirt bike riding.
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar:

Leave a Reply